12 Susunan Acara Lamaran Pernikahan Secara Umum dan Tradisi

Lamaran menjadi momen penting dalam menuju pernikahan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan membuat susunan acara lamaran adalah

Sebuah prosesi acara lamaran merupakan acara yang sangat dinantikan bagi kedua calon pengantin serta juga bagi kedua keluarganya. Dan momen inilah, keluarga dari pihak laki-laki dengan secara resmi mengikat mempelai wanita untuk nanti selanjutnya ke tahap proses menuju pernikahan. Pada umumnya, prosesi lamaran dilaksanakan kurang lebih 3 sampai 6 bulan lamanya sebelum diadakannya hari    pernikahan dilaksanakan.

Beberapa macam tradisi atau adat pernikahan kadangkala membuat kita kebingungan disaat mencoba membuat konsep ataupun rundown acara lamaran. Padahal, garis besarnya adalah dapat menerapkan adat apapun yang bisa di masukan dalam prosesi untuk lamaran. di artikel ini admin akan mencoba memberikan point-point gambaran umum soal susunan acara lamaran yang biasanya diadakan di Indonesia.

1. Datangnya Keluarga Besar Calon Mempelai Laki-laki

Proses berlangsungnya acara lamaran pertama dengan dimulai saat keluarga dari pihak mempelai laki-laki secara rombongan tiba di rumah kediaman pihak mempelai wanita. Selanjutnya, dari pihak mempelai wanita sejatinya sudah bersiap dan menyambut, dan mempersilakan rombongan dari keluarga mempelai laki-laki untuk dipersilahkan masuk ke rumah kediaman atau tempat lain yang sudah direncanakan di mana acara dilangsungkan.

2. Menyerahkan Beberapa Barang Seserahan

Pihak dari calon mempelai laki-laki yang sudah datang dengan didampingi oleh keluarga besar. dengan selanjutnya, pihak dari keluarga calon mempelai laki-laki menyerahkan beberapa barang seserahan untuk diberikan pada calon mempelai wanita.

seserahan-pengantin
seserahan

3. Opening Acara Oleh  MC

Seorang MC yang bertugas jadi pembawa acara mempersilahkan semua tamu yang telah tiba untuk dipersilahkan duduk. MC akan menyampaikan selamat datang serta ucapan terima kasih atas kehadiran pada seluruh keluarga yang telah datang dengan diakhiri oleh doa. Selanjutnya MC akan menguraikan isi daftar acara lamaran dengan singkat. Pada umumnya, seringkali juga di selipi sedikit nasehat dan beberapa cerita singkat pada kedua calon mempelai tersebut. Selanjutnya, ia akan bertanya maksud dan tujuannya apa, atas kedatangan dari keluarga laki-laki ke tempat keluarga wanita.

4.  Mengutarakan Maksud dan Tujuan Oleh Perwakilan Pria

Dari perwakilan pihak keluarga calon mempelai laki-laki akan menjelaskan maksud kedatangannya, Tak lain adalah untuk melamar sang mempelai wanita. Selanjutnya, ia akan bertanya bersedia kah, sang mempelai wanita untuk menjadi calon istri serta menikahi mempelai laki-laki.

pembawa-acara-lamaran



5. Menanggapi Maksud dan Tujuan Calon Mempelai Pria 

Seterusnya prosesi pada lamaran selanjutnya dengan jawaban secara perwakilan dari pihak keluarga calon mempelai wanita. Seorang juru bicara yang hadir akan memanggil calon mempelaiwanita tersebut dengan di dampingi sang ayah dari calon mempelai wanita dan menanyakan secara langsung kesediaan kepada anaknya untuk dilamar laki-laki yang ada di depan mata. Selesai itu, dari pihak calon mempelai wanita akan langsung memberikan jawaban dengan yakin, seandainya lamaran tersebut diterima dengan yakin dan mantap, maka keduanya mempelai saling memberikan lambang ikatan disini secara umum dalam bentuk cincin beserta seserahan yang sebelumnya telah diberikan.

Tukar-cincin



6. Perkenalan Dari Kedua Masing-masing Keluarga

Setelah itu dilanjutkanlah sesi perkenalan, supaya bisa mempererat hubungan antar kedua keluarga. Pertama dari Pihak mempelai laki-laki akan memperkenalkan satu-persatu setiap anggota keluarga yang telah  hadir, serta diikuti perkenalan dengan pihak mempelai wanita. Secara umum, khusus untuk sesi perkenalan keluarga biasanya bersifat lebih informal, serta diiringi dengan canda penuh kehangatan sebagai bentuk supaya dapat saling mengenal satu sama lain dan mencairkan suasana.

7. Pembacaan doa

Dari semua acara prosesi lamaran dimanapun pasti akan ditutup dengan doa, termasuk acara lamaran anda supaya berharap kepada tuhan agar seluruh rencana pernikahan bisa berjalan dengan baik tanpa kendala apapun. Doa bisanya dipimpin oleh ustad yang sengaja diundang pihak keluarga, atau dari salah satu perwakilan dari pihak diantara kedua keluarga tersebut.

Doa-lamaran



8. Penyampaian Pamit dari Calon Mempelai Laki-laki

Sebelum seluruh acara lamaran usai, Pihak dari calon mempelai laki-laki serta keluarga mengucapkan pamit pada keluarga besar calon mempelai wanita.

9. Ucapan Terima Kasih Dari Calon Mempelai Wanita

Setelahnya, ketika calon mempelai laki-laki sudah menyampaikan pamit, maka sejatinya calon mempelai wanita akan mengucapkan banyak terima kasih atas niat baik dan kedatangannya dari semua rombongan keluarga calon mempelai laki-laki.

Ucapan-Terima-Kasih-lamaran



10. Seserahan Balik Dari Calon Mempelai Wanita

Pihak dari calon mempelai wanita selanjutnya akan memberikan seserahan balik pada calon mempelai laki-laki. Sesuai dengan kesepakatan sebelumnya yang di rencanakan, pihak keluarga calon mempelai wanita memberi seserahan balasan biasanya berisi sama yaitu kebutuhan sehari-hari calon mempelai wanita serta makanan kue-kue an dan lain-lain untuk sang mempelai laki-laki.

Seserahan-Balik-lamaran



11. Makan Bersama dan Ramah Tamah 

Dengan berakhirnya pada semua proses lamaran, bagi kedua keluarga selanjutnya menikmati santapan makan yang sudah dopersiapkan. Dan tentunya acara bersama ini juga menjadikan kesempatan bagi seluruh para tamu yang hadir untuk saling mengenal satu sama lain dan berbincang-bincang dengan dengan santai.

12. Sesi Foto Bareng

Foto bersama untuk saat ini menjadi kewajiban, hambar rasanya jika sesi ini tidak ada, maka dari itu seluruh keluarga foto bareng sebelum pihak dari calon mempelai laki-laki semua meninggalkan tempat acara yang ada di rumah calon mempelai wanita .

Foto-Bareng-lamaran



Untuk Anda yang ingin sekali melangsungkan acara prosesi lamaran adat Jawa, Anda bisa kepoin tentang seserahan adat Jawa pada artikel berikut ini

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>